Friday, October 28, 2016

10 Wisata Dieng Yang Menarik dan Wajib di Kunjungi

Wisata dieng – Sahabat traveling, kali ini info tempat wisata Indonesia akan berpetualang ke dieng untuk mengulas keindahan wisata alam di dieng yang sangat indah dan menarik. Dieng merupakan sebuah gunung dan dataran tinggi serta termasuk sebuah kawasan vulkanik aktif yang memiliki beberapa puncak dan beberapa kepunden kawah. Banyak orang menyebutnya dengan sebutan dataran tinggi dieng atau dieng plateau.

Dataran tinggi dieng ini lokasinya berada di kawasan pegunungan jawa tengah dan masuk dalam wilayah dua kabupaten, kabupaten tersebut ialah banjarnegara dan wonosobo. Kawasan dieng sangat menarik, pasalnya disini banyak sekali tempat wisata yang sangat indah dan unik serta banyak fenomena alam yang aneh. Banyak sekali wisatawan hingga mancanegara melihat keindahan alam dieng secara langsung.

Objek Wisata Alam Dieng dan Sekitarnya


Inilah beberapa tempat wisata di dieng yang terkenal, diantaranya :

1. Tempat wisata bukit sikunir dieng

Tempat wisata bukit sikunir dieng

Dataran tinggi dieng merupakan anugrah yang sangat mahal, keindahan alam yang menakjubkan bisa anda saksikan di bukit sikunir dieng. Wisata ini memiliki keindahan panorama alam berupa sunrise yang indah. Lokasinya berada di desa sembungan, untuk bisa melihat sunrise yang indah tersebut anda harus bermalam di bukit sikunir dieng.

2. Tempat wisata telaga warna dieng

Tempat wisata telaga warna dieng

Kawasan dieng menghadirkan pesona indahnya alam yang memukau, salah satunya yaitu telaga warna dieng. Telaga ini terletak di ketinggian 2000 mdpl yang tentunya pemandangan di sekitar telaga sangat indah. Telaga ini memiliki warna air yang berubah ubah, terkadang biru, hijau, merah, putih serta lembayung.

3. Tempat wisata telaga pengilon dieng

Tempat wisata telaga pengilon dieng

Telaga pengilon juga tidak kalah menariknya dengan telaga warna, namun anehnya telaga pengilon meskipun airnya sangat jernih tetapi tidak berubah ubah warna airnya. Telaga ini cukup dekat dengan telaga warna dan mudah untuk di akses. Suasana yang asri dan hijau bisa anda nikmati di wisata telaga pengilon.

4. Tempat wisata telaga merdada dieng

Tempat wisata telaga merdada dieng

Telaga merdada merupakan telaga yang paling luas diantara telaga lainnya di dataran tinggi dieng. Lokasi telaga merdada berada di Ds. Karang tengah, batur, banjarnegara. Jika di loihat dari tempat tinggi, telaga ini mirip dengan sisa letusan gunung berapi.

5. Tempat wisata kawah sikidang dieng

Tempat wisata kawah sikidang dieng

Kawah sikidang memang cukup menarik, pasalnya kawah ini memiliki luas 200 meter persegi dan berada di tanah datar. Wisatawan yang hadir bisa melihatnya dengan jelas keluarnya gumpalan asap di kawah sikidang. Namun jangan khawatir ada sebuah pagar pembatas untuk keamanan yang sudah di bangun.

6. Tempat wisata pendakian gunung prau

Tempat wisata pendakian gunung prau

Bagi anda yang suka mendaki wisata yang satu ini cocok sekali buat anda, sebut saja wisata pendakian gunung prau. Tempat yang cukup menarik dan memiliki pemandangan yang indah dang tidak kalah populernya dengan pendakian gunung lainnya. Gunung prau memiliki ketinggian 1.565 mdpl yang cukup menantang untuk anda taklukan.

7. Tempat wisata candi arjuna di dieng

Tempat wisata candi arjuna di dieng

Kawasan dieng juga memiliki wisata budaya yang menarik yaitu candi arjuna. Anda dapat melihat pemandangan batu candi yang eksotis dan bisa anda abadikan dengan berfoto di samping candi. Selain candi arjuna masih banyak lagi candi lain yang bisa anda lihat.

8. Tempat wisata gardu pandang dieng

Tempat wisata gardu pandang dieng

Nah bagi anda yang mencintai alam dan ingin menikmati keindahannya, anda bisa berkunjung ke gardu pandang dieng. Salah satu tempat wisata dieng yang memiliki ketinggian 1700 mdpl ini bisa melihat keindahan kawasan dieng dengan jelas. Anda bisa menikmati suasa alam dieng dan melihat semua kawasan dieng dari sini.

9. Tempat wisata batu ratapan angin dieng

Tempat wisata batu ratapan angin dieng

Salah satu wisata dieng yang menjadi favorit yaitu batu ratapan angin. Wisata ini dekat sekali dengan telaga warna dataran tinggi dieng. Anda bia melihat keindahan alam dieng dan menikmati langsung keindahan dua telaga di dataran tinggi dieng. Namun akses menuju sini butuh tenaga yang ekstra karena medan yang tinggi.

10. Tempat wisata telaga cebong dieng

Tempat wisata telaga cebong dieng

Ada satu telaga lagi di kawasan dieng yaitu telaga cebong. Telaga ini berlokasi di Ds. Sembungan dan merupakan sebuah desa tertinggi yang ada di jawa tengah. Ketika anda menuju puncak sikunir, anda bisa mampir untuk beristirahat sambil menikmati keindahan telaga cebong tersebut.

Baca juga :

Itu tadi 10 wisata dieng yang menarik dan wajib di kunjungi untuk melihat langsung keindahan alamnya. Ikuti perjalanan wisata Indonesia untuk melihat tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik dengan sejuta keindahan. Sekian dari artikel ini dan semoga member manfaat kepada anda semua.